Minggu, 19 Mei 2019

MEWUJUDKAN GENERASI EMAS DENGAN MAN JADDA WAJADA

Kesungguhan dan kerja keras adalah kunci sukses kehidupan. Kesungguhan yang diiringi dengan ikhtiar dan tawakal kepada Allah Swt. Tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha bekerja keras, kerja cerdas dan ikhlas kepada Allah. Yang penting ada kemauan dan kesungguhan serta menggunakan logika ilmu pengetahuan sesuai kapasitas kita masing - masing yang telah Allah karuniakan. 

Setiap manusia mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan waktu, jadi bukan hanya sekedar tumbuh saja, melainkan harus berkembang. Allah sudah memberikan modal dasar kepada kita berupa otak, akal dan pikiran yang lebih baik dibandingkan dengan makhluk lain di muka bumi. Jadi sangatlah keliru jika kita beranggapan bahwa nasib tidak dapat diubah. Nasib kita yang menentukan adalah kita sendiri. Seperti firman Allah, bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum melainkan mereka sendiri yang akan mengubahnya. 

Man Jadda Wajada haruslah kita pegang teguh dalam meraih impian dan harapan. Man Jadda Wajada artinya barang siapa yang bersungguh - sungguh pasti akan berhasil. 
Kita hilangkan kemalasan kita dengan kesungguhan,
kita buang rintangan dengan kesungguhan, 
Kita akan terus belajar,
Kita akan terus lengkapi kekurangan kita dengan melakukan pembaharuan - pembaharuan.

Jangan pernah menyerah karena Allah sangat membenci kepada orang yang putus asa.
Niatkan kesungguhan hanya karena Allah, Insya allah, Allah akan membuat semuanya menjadi lebih muda. 

Meraih impian harus dengan tindakan nyata, kita tidak bisa hanya berdiam diri dalam lamunan dan khayalan. Impian layaknya sebuah tanaman bunga, Jika dibiarkan saja tidak dirawat dengan baik, tidak ada upaya untuk memupuk dan menyiangi rumput - rumput pengganggu, maka tanaman bunga itu akan mati. Demikian juga dengan impian kita, Harus kita lakukan usaha untuk meraihnya. Setiap usaha yang kita upayakan untuk meraihnya meruapakan sebuah bibit kesuksesan. Perlahan tapi pasti, akan mempermudah kita menggapai impian dan harapan yang kita cita - citakan.

Kita harus menyadari kekurangan yang kita miliki, kita harus secepatnya sadar dan berusaha meningkatkan kemampuan kita tahap demi tahap. Tidak ada bayi di muka bumi ini yang baru lahir langsung berlari. Semuanya membutuhkan waktu dan proses. maka tidak ada alasan bagi kita untuk pesimis dan menyerah dengan keadaan yang ada. Selama Allah memberi nafas kepada kita, selama itu kita harus tetap berusaha meraihnya.

Semangat Man Jadda Wada harus senantiasa kita motivasikan kepada siswa kita, supaya mereka tetap semangat dalam meraih impian dan harapan, sehingga mereka kedepannya akan menjadi generasi emas yang gemilang