Sabtu, 18 Mei 2019

GURU MILENIAL DENGAN PIT 6 TP2G

Hari ini, 18 Mei 2019 merupakan hari yang sangat istimewa . Berbeda dengan hari - hari biasanya yang selalu disibukkan dengan rutinitas pembelajaran di SDN Wonokerto 02 Tekung, Rutinitas hari ini berada di SMK PGRI Lumajang Jln Ir. H Juanda, Rogotrunan Lumajang untuk mengikuti pelatihan PIT 6 TP2G PGRI Kab Lumajang 2016.
Terpilih menjadi peserta PIT merupakan hal yang sangat membanggakan, karena tidak semua pendaftar dapat menjadi peserta pelatihan. Hanya 40 orang yang beruntung menjadi peserta dari 60 pendaftar.
Acara kegiatan pelatihan di awali dengan daftar ulang peserta pada pukul 07.30, tepat pukul 08.00 acara di buka oleh Ketua PGRI Kab. Lumajang yaitu Bapak H.Winadi S.Pd M.Pd dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PGRI. Susunan acara dibacakan oleh Bu Nining S.Pd.
PIT merupakan singkatan dari Pelatihan Informasi dan Komputer, yang merupakan pelatihan dengan menggunakan sistem IN ON IN. Kegiatan IN 1 dilaksanakan pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2019. Kegiatan ON dilaksanakan selama satu minggu, mulai hari Minggu, 19 Mei 2019 sampai Jum'at, 24 Mei 2019. Kegiatan IN 2 dilaksanakan hari Sabtu, 25 Mei 2019 sekaligus dilakukan pembagian sertifikat oleh TP2G.
Pelatihan IN 1 dimulai dengan Motivasi Pembelajaran Web Oleh Bapak Umar Tholib, Beliau adalah blogger ternama di Kab. Lumajang. Blognya bahkan sudah dikenal dikalangan nasional, aplikasi aplikasi yang selalu ia ciptakan sangat bermanfaat sekali dalam pengolahan nilai terutama rapot kurikulum 2013. Berdasarkan paparan beliau, banyak sekali keuntungan jika kita bisa mengelola web dengan baik, bahkan kita dapat menghasilkan pundi - pundi uang tiap bulan jika kita memiliki Web blog yang banyak dikunjungi oleh orang.
Materi dilanjutkan oleh Bapak Enjang, yang menerangkan tentang membangun web pembelajaran. Dari paparan beliau akhirnya kita bisa mengetahui langkah - langkah pembuatan sebuah web. Beliau menerangkan dengan sabar, sehingga kami bisa menyerap dengan sempurna. Sebagai langkah awal kita bisa memulai dengan belajar menggunakan web tidak berbayar, yaitu blogspot.com. Alhamdulilah hampir semua peserta sudah menghasilkan web blog dengan baik.
Materi setelah ISHOMA dilanjutkan oleh Bapak Enjang Bayu yaitu membangun web pembelajaran berbayar. Nama Domain domain berbayar dijelaskan dengan singkat dan jelas. Praktek untuk membeli web Domanesia pun kita lakukan walaupun tidak kita tidak melakukan transfer uang, hehe...
Sebagai penutup pelatihan dilaksanakan pretes, Walaupun nilai kami belum maksimal karena kami baru memulai semuanya. Semangat kebersamaan kami untuk menimba ilmu dapat dirasakan walaupun pelatihan dilaksanaan pada saat kita melaksanakan ibadah puasa.






Sambil menyelam minum air. Pepatah itulah yang tepat diungkapkan. Dengan mengikuti pelatihan ilmu semakin bertambah dalam bidang IT, yang sangat dibutuhkan oleh guru milenial menyongsong pembelajaran Abad 21, selain itu, saya juga mendapat kesempatan untuk befoto bersama blogger ternama Lumajang yaitu Bapak Umar Tholib, dengan web nya yang lebih dikenal dengan sebutan kang martho. Terimakasih atas semangat yang selalu di kobarkan kepada kami. Jayalah Indonesia, Hidup PGRI...