Pak
Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan.
Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan
makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas
daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah
masing-masing. Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari
meskipun masih sangat
terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.
Bagaimana
cara menjaga keberagaman tersebut ?
Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki
banyak keragaman budaya dan berbagai corak agama tetapi hal tersebut tidak
boleh kita jadikan sebagai hambatan untuk bergaul kita harus tetap bergaul
walau banyak perbedaan di antara kita untuk mencapai satu kesatuan NKRI.
Adapun
cara menjaga keberagaman yang ada yaitu :
1. menanamkan
sikap saling menghormati dan menghargai atas keberagaman yang ada
2. saling
toleransi antar sesama manusia
3. saling
tolong-menolong antar manusia mengalami musibah ataupun kesulitan
4. saling
bergaul dan tidak membeda-bedakan teman yang berbeda dengan kita
5. saling
bekerja sama untuk kepentingan bersama antar keberagaman yang ada
A.
Berilah tanda silang (x) padahuruf a, b atau c di depan jawaban yang paling benar!
Pak
Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang
berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang
berbeda - beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing. Pak Sammy berasal dari Maluku, Pak Encep dari Sunda, Pak Made dari Bali, Pak Udin dari Betawi, dan
Pak Nur dari Jawa. Walau mereka berbeda Suku dan agama,
mereka hidup berdampingan dengan baik.
1. Tokoh-tokoh dalam teks bacaan merupakan contoh dari ….
a. persatuan c. keberagaman
b. permusuhan d. persaudaraan
2. Dalam kehidupan bertetangga, sikap pak Sammy, pak Encep, pak Udin,
dan pak Nur seharusnya…
a. saling menghargai c. saling memusuhi
b. saling mencela d. saling mengumpat
3. Peribahasa pada
“Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh ” dilambangkan dengan bentuk benda ….
a. rantai c. kapas
b. sapu lidi d. pohon beringin
4. Sikap persatuan dan kesatuan dalam bahasa jawa dinamakan
…
a.
kerjabakti c. saling membantu
b.
kerjasama d. gugur gunung
5. Dengan
…. Kita dapatmemperluaspengetahuandanpengalaman
a. kerja sama c.diskusi
b. gotong royong d.
menghargai
B. Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban
yang tepat !
6. Pengikat dari keberagaman adalah …
7. Disebut makhluk sosial dikarenakan manusia selalu membutuhkan
…
8. Dalam kegiatan piket kelas
Rani menyapu lantai sambil merapikan yang belum terlihat rapi,
Anto membersihkan papan tulis serta merapikan data dinding siswa,
Rini hanya merapikan meja guru saja setelah itu keluar kelas karena merasa sudah piket.
Sedangkan Rudi datang sedikit terlambat jam piket. Namun Rudi mampu menyelesaikan piket kelas dengan cepat mengepel lantai kelas serta merapikan tempat duduk karena
Rudi terbiasa membantu orang tuanya di rumah.
Siswa yang menunjukkan kurang dalam bekerja sama adalah …
9.
Menghadapi perbedaan pendapat yaitu dengan cara …
C. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !